Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Tuesday, January 5, 2016

Tindakan Perlindungan Pada Saat Kebakaran Hutan

Ketika terjebak di hutan
Kebakaran Api dapat membakar sepanjang permukaan hutan. Api dapat menjalar ke padang rumput dan bergerak cepat ketika angin bertiup. Api juga dapat merambat di puncak-puncak pohon di hutan.
Jika angin kencang bertiup, api dapat menjalar dengan kecepatan luar biasa. Jaga agar keluar dari jalur api. Kematian dapat terjadi dengan cepat jika Anda terjebak di tengah-tengah kebakaran.
kebakaran hutan dengan api membara
500px - Dmytro Gilitukha
Keluar secepat yang anda bisa. Jauhi jalannya api. Jangan menunggu melihat bagaimana api dapat berkembang. Bahkan pemadam api yang berpengalaman dapat meninggal karena memadamkan api pada saat kebakaran hutan. Kebakaran merupakan sesuatu yang rumit, jangan sekali-kali mencoba keberuntungan. Pergi dan jauhi segera setelah Anda tahu ada api yang mendekat. 

Jika Anda terjebak di bawah lapisan api, tinggalkan semuanya dan mulai mencari jalan keluar. Coba cari jalan keluar yang arahnya menurun.
Jangan ikuti ngarai karena bagian alam yang curam dapat bertindak sebagai cerobong asap bila terjadi kebakaran.
Perhatikan arah asap. Hal ini merupakan pertanda ke mana kebakaran akan menyebar. Anda dapat mencari perlindungan dengan pergi ke sisi lain yaitu sisi yang terjauh darimana arah angin berasal.
Jika Anda terjebak dan dikelilingi oleh api, cari tempat rendah sehingga arus panas dapat melewati bagian atas Anda.
Jangan berdiri di bawah pohon yang telah terbakar (berdiri hambatan deadfall), besar kemungkinan pohon dapat jatuh di atas Anda.
Bernafas dengan udara yang berada dekat dengan tanah, tetap rendahkan kepala. Tutupi wajah dengan handuk atau saputangan basah. Sedikit Panas dapat diserap oleh handuk.
kebakaran hutan dengan api membara
500px - Pedro Bessa
Ketika berada di rumah
Ketika Anda berada di rumah pada saat api mulai menjalar memasuki area pekarangan, pindahkan barang-barang-barang yang mudah terbakar seperti furnitur dari kayu dan barang-barang lain. Apa pun yang dapat terbakar, pindahkan segera. Cabut semua tirai dan tutup semua jendela yang anda miliki.

Jika Anda memiliki pasokan air cukup, tinggalkan penyiram tanaman di atap untuk membahasi lingkungan sekitar. Letakkan penyiram tanaman dipekarangan agar keadaan tetap basah dan lembab. Sehingga api yang menyebar akan berkurang dan tidak mencapai dalam rumah.
Letakkan barang-barang berharga yang anda memiliki dekat kolam atau sungai. Letakkan barang-barang tersebut di dalam kolam atau sungai jika memungkinkan.
Siapkan diri dan keluarga jika diperlukan untuk evakuasi. Dengarkan siaran layanan darurat atau terhubung dengan media sosial seperti twitter. Pastikan Anda mengetahui dan memiliki jalur aman untuk evakuasi.

Silakan baca artikel terkait 'Tindakan Setelah Kebakaran Hutan Berlangsung'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer