Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Sunday, January 10, 2016

Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Evakuasi Bencana

Pada saat hari evakuasi, lakukan berbagai hal berikut ini :
1. Jaga tangki gas agar tetap penuh di mobil jika evakuasi mungkin dilaksanakan (misalnya badai menghampiri, gemuruh gunung berapi, musim badai tornado). SPBU bisa ditutup selama keadaan darurat dan minyak tidak dapat diperoleh selama listrik padam.

2. Rencanakan untuk membawa satu mobil per keluarga untuk mengurangi kemacetan dan keterlambatan. Jika Anda tidak memiliki mobil, buat pengaturan transportasi dengan teman-teman, pemerintah setempat, atau anggota masyarakat.
tanda exit menyala
500px/Rola's touch
3. Ikuti rute evakuasi yang direkomendasikan dan tidak mengambil jalan pintas karena bisa saja jalan tersebut dapat terblokir.
4. Matikan semua utilitas seperti air dan listrik jika Anda memiliki cukup waktu sebelum evakuasi. Kebocoran dan ledakan gas LPG bertanggung jawab bagi sejumlah besar kebakaran akibat bencana. Sangat penting bagi semua anggota keluarga tahu bagaimana cara mematikan gas LPG. Air dapat menjadi sumber utama penyebab bencana, sehingga sangat penting menemukan keran aliran di dalam/luar rumah untuk mematikannya.
Percikan listrik dapat memicu kebakaran, jadi pastikan semua orang tahu bagaimana cara mematikan listrik.
5. Dengarkan radio bertenaga baterai/manual/solar dan ikuti petunjuk evakuasi setempat. Kumpulkan keluarga Anda dan tinggalkan lokasi tersebut jika diperintahkan untuk segera mengungsi. Pergilah secepatnya untuk menghindari terjebak oleh cuaca buruk.

6. Simpan dokumen penting seperti polish asuransi, surat properti, dan surat-surat penting lainnya di tempat yang aman, seperti kotak penyimpanan aman yang jauh dari rumah. Buat salinan dokumen-dokumen penting yang dibawa oleh anda sebagai bagian dari perlengkapan penyediaan darurat bencana.
7. Pertimbangkan menyimpan uang dalam rekening tabungan darurat yang dapat digunakan ketika terjadi darurat atau emergency apapun. Dianjurkan untuk menyimpan sejumlah kecil uang tunai atau cek perjalanan di tempat yang aman di rumah, sehingga Anda dapat dengan cepat mengambil uang tersebut bila terjadi evakuasi.
9. Ambil pertolongan pertama dan kelas CPR. Palang Merah setempat biasanya menyediakan pelatihan tersebut.
10. Pastikan semua orang tahu bagaimana menggunakan alat pemadam kebakaran dan di mana disimpan. Anda harus memiliki alat pemadam kebakaran, minimal jenis ABC.
11. Jika Anda mencium bau gas atau mendengar suara yang bertiup atau mendesis, buka jendela dan keluarkan semua orang dengan cepat. Jika rumah dilengkapi dengan gas, Matikan katup utama gas di luar rumah dan hubungi perusahaan gas dari rumah tetangga.
12. Waspadai jalan dan jembatan, dan jauhi jalan di daerah banjir.
13. Tinggal jauh dari jaringan listrik yang mungkin jatuh.
Silakan mengikuti link berikut untuk mengetahui 'Perlengkapan Perlindungan Darurat' Sumber : WikiHows

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer