Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Sunday, January 10, 2016

Perlengkapan Perlindungan Darurat

Perlengkapan Perlindungan Darurat ( Getaway)  adalah tas yang berisi barang-barang darurat penting, medis, dokumen-dokumen hukum yang Anda butuhkan dibawa jika Anda harus dievakuasi dengan cepat. Di Amerika, perlengkapan perlindungan darurat juga disebut tas Bug-out atau Get-out-of-dogde. 
Perlengkapan tersebut berisi kebutuhan hidup selama 72 jam dan lebih difokuskan pada penyelamatan dan evakuasi daripada bertahan hidup.
Anda menyimpan dan membawa dokumen penting yaitu surat-surat kelahiran, pernikahan, asuransi, kepemilikan rumah, sertifikat kepemilikan mobil, resep obat-obatan, pencahayaan api, pemurnian air, radio, lampu kimia dan pasokan makanan.
peralatan, bahan dan ransel perlengkapan darurat bencana alam
Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan darurat bencana. Perlengkapan terdiri dari dua komponen. Yang pertama adalah perlengkapan perlindungan darurat cepat yang dirancang untuk jangka waktu 72 jam. Perlengkapan kedua terdiri dari kebutuhan bagi kelangsungan hidup jangka panjang yang memungkinkan Anda untuk bertahan hidup dalam waktu yang lama sementara Anda menunggu diselamatkan. Semua perlengkapan dapat divariasikan sesuai kebutuhan anda.
Perlengkapan pertama akan berisi:
- Perlengkapan Makanan dan Air serta pengolahan air selama 72 jam
- Peralatan Panas dan pencahayaan.
- Tenda, alas lapisan untuk tanah
- Pakaian, selimut
- Peralatan Komunikasi
- Perkakas bangunan
- Perlengkapan pertolongan pertama dan obat-obatan pribadi
- Peralatan kebersihan pribadi
- File yang berisi dokumen pribadi baik elektronik pada flash disk maupun kertas.

Perlengkapan kedua terdiri dari:
- Makanan kaleng
- Alat potong, piring, mangkuk, cangkir
- Benih pangan non-hibrida
- Daging, dendeng
- Ikan tuna
- Sabun
- Pisau
- Jeli
- Selai
- Ragi
- Bunga
- Garam, gula
- Susu bubuk kering
- Kapak
- Tabung gas
Perlengkapan perlindungan darurat secara rinci memuat :
Makanan Dan Air. Makanan yang paling mudah dibawa oleh Anda adalah makanan siap saji. Makanan dikemas untuk dapat bertahan selamanya dan tidak memakan banyak ruang.
Panas Dan Cahaya. Anda perlu menyediakan cahaya sebagai penerang. Kemah modern biasanya menggunakan lampu LED yang menggunakan jumlah daya rendah dan memiliki output cahaya tinggi. Anda juga bisa memakai lentera bertenaga gas dan tentu saja lampu bertenaga baterai. atau Anda memakai obor bertenaga baterai tinggi dan baterai cadangan. Untuk panas, anda harus memastikan Anda memiliki kemampuan untuk membuat api. Korek api, korek api gas dan produk mirip lainnya dianjurkan dibeli dan disimpan untuk persiapan bencana.
Perlindungan. Perlindungan dengan menyediakan tempat tinggal yang hangat dan kering penting bagi keluarga anda merupakan hal yang penting. Beli tenda untuk menyediakan kebutuhan tersebut. Tenda harganya murah tetapi akan membuat Anda dan keluarga tetap kering meskipun tidak berada di rumah. Anda dapat membeli usungan kamp (camp stretchers), ​​kantong tidur dan kasur yang dipompa untuk disimpan dan dibawa dalam kejadian bencana.
Pakaian. Pastikan Anda memiliki pakaian yang cukup yang dibawa dalam perlengkapan darurat. Wol selalu merupakan pilihan yang baik karena akan membuat Anda hangat bahkan jika basah.
Komunikasi Peralatan. Pastikan Anda memiliki radio penyelesaian atau radio dengan jumlah yang memadai dari baterai cadangan. Ini akan memungkinkan Anda untuk dapat mendengarkan siaran darurat dari pertahanan sipil untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan.
ransel perlengkapan darurat bencana alam
Perkakas. Alat perkakas yang dipilih dengan tepat bisa membantu menyelamatkan hidup Anda. Linggis, sekop, sekop, pembuka kaleng, pisau, tali, leatherman. Pertimbangkan menyimpan barang-barang perkakas yang akan membantu Anda bertahan.
Obat. Anda mungkin tidak memiliki akses ke seorang dokter atau tenaga medis untuk mendapatkan resep biasa yang dibutuhkan. Bisa saja dokter dan apotik penyedia tutup atau tidak memiliki pasokan obat selama beberapa waktu, sehingga sangat penting anda memiliki:
a) dokumen resep untuk mendapatkan obat-obatan baru dan
b) memiliki persediaan obat-obatan selama beberapa minggu yang dibawa dalam perlengkapan.
Kebersihan Pribadi. Jangan mengabaikan kebersihan pribadi. Barang-barang seperti sabun, tampon, deodorant, shampoo, mudah untuk dibeli sekarang ini, pada saat bencana mungkin sulit menemukan toko yang masih buka.
Biji Pangan. Jika Anda mempersiapkan evakuasi jangka panjang, bawa beberapa biji pangan non-hibrida. Anda dapat menanam makanan Anda sendiri dan memanen hasilnya.
'Sangat mudah melengkapi semuanya sekarang ini dan memiliki persediaan lengkap dalam perlengkapan perlindungan darurat  
ketika Anda dihadapkan dalam keadaan darurat.'
Silakan mengikuti link berikut untuk mengetahui 'Uitemate, Teknik Mengapung Untuk Bertahan Hidup Bila Jatuh Ke Sungai Atau Laut'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer