Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Sunday, November 19, 2017

Tindakan Apa Yang Anda Lakukan Pada Saat Latihan Darurat Kebakaran Gedung

Semakin siap Anda, semakin baik Anda ketika tiba-tiba menghadapi darurat kebakaran. Jika anda rutin mengadakan latihan kebakaran maka anda dapat meningkatkan keterampilan apabila situasi sebenarnya terjadi. Latihan kebakaran rutin diadakan di gedung-gedung, sehingga anda siap akan potensi terjadinya darurat kebakaran/ gedung. 

Selengkapnya bisa dilihat di link Tindakan Penyelamatan Diri Saat Terjadi Darurat Kebakaran Gedung bila kebakaran terjadi nyata. Berikut cara untuk mengambil peran aktif dalam latihan kebakaran gedung :
Tindakan pada saat mendengarkan sinyal alarm dalam ruangan.
1) Tetap tenang.  
Ketika Anda mendengar alarm, cobalah untuk tidak panik. Jika anda tetap tenang, Anda tidak melewatkan petunjuk yang mungkin. Selalu ingat Anda harus tetap tenang dan tenang selama latihan kebakaran berlangsung, dan bukan hanya di awal.
2) Anggap sinyal alarm yang menyala berasal dari kebakaran yang nyata. 
Bahkan jika Anda menganggap alarm kebakaran yang menyala hanya latihan, anggap seolah-olah kebakaran nyata. Anda harus bersungguh-sungguh mempelajari prosedur evakuasi darurat kebakaran gedung yang tepat dan tidak panik jika terjadi ancaman nyata. Simak setiap pelajaran dengan serius.
Jika kebakaran, keluar gedung sebelum melakukan tweet
Jika kebakaran, keluar gedung sebelum melakukan tweet
3) Hentikan tindakan apapun. 
Saat alarm berbunyi, hentikan melakukan apa yang Anda lakukan. Jangan menunda untuk menyelesaikan kalimat dalam dokumen atau mengirim email. Jangan mencoba untuk mengumpulkan barang-barang Anda. Bereaksi pada sinyal tanpa penundaan. Biarkan semuanya, dan segera lari keluar ruangan.
4) Tinggalkan ruangan segera dan pergi ke pintu keluar ruangan. 
Tinggalkan ruangan dengan teratur. Berdiri antri di depan pintu. Jika memungkinkan, pelajari rute evakuasi sebelum latihan dimulai. Lebih baik jika anda memeriksa rencana evakuasi saat mengunjungi gedung baru, terutama jika Anda akan menghabiskan banyak waktu di dalamnya. Misalnya jika anda di hotel, pintu keluar darurat biasanya terletak di setiap lantai di ujung koridor.
5) Tutup pintu ruangan.  
Jika Anda yang terakhir pergi, tutup pintu di belakang Anda. Pastikan jangan terkunci. Pintu yang tertutup akan memperlambat api yang menjalar, dan menghalangi akses oksigen masuk ke ruangan. Selain itu, dapat mencegah asap dan panas menjalar masuk dengan cepat ke ruangan lain. Jika memungkinkan bawa kunci ruangan. Jika pintu keluar terhalangi oleh kebakaran dan asap, anda bisa kembali ke ruangan.

Tindakan saat menyelamatkan diri dalam gedung.
Segera berjalan ke pintu keluar gedung. Ikuti rute yang ditunjukkan dalam rute evakuasi gedung.
6) Gunakan tangga. 
Jangan gunakan lift saat latihan kebakaran. Dalam keadaan apapun jangan menggunakan lift selama evakuasi. Tangga di gedung biasanya kedap udara, jadi ruangan di tangga tidak akan berasap seperti tempat lain.
7) Perhatikan petunjuk asap. 
Kadang-kadang, latihan kebakaran meninggalkan petunjuk asap di koridor tertentu untuk mensimulasikan kondisi kebakaran sesungguhnya. Jika Anda melihat gejala asap, carilah jalan keluar alternatif. Jika pintu ini satu-satunya jalan keluar, turunlah ke lantai berikutnya. Turun ke bawah untuk melihat lebih baik pergerakan asap.
Tindakan pada saat telah keluar ruangan.
8) Tunggu sampai akhir. 
Jangan kembali ke gedung hanya karena alarm kebakaran telah mereda. Tunggu sampai petugas berwenang atau orang lain memberitahu Anda bahwa Anda dapat kembali ke dalam. Baru setelah itu Anda bisa melanjutkan aktivitas normal.

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer