Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Sunday, November 19, 2017

Tindakan Penyelamatan Diri Saat Terjadi Darurat Kebakaran Gedung

Bencana kebakaran bisa menyerang sewaktu-waktu dan tidak disangka-sangka terjadi, sama seperti darurat bencana lainnya. Semakin Anda siap, maka semakin baik Anda ketika tiba-tiba menghadapi darurat kebakaran. Jika gedung tempat anda bekerja atau sekolah/kampus tempat anda belajar rutin mengadakan latihan kebakaran maka anda dapat meningkatkan keterampilan menghadapi kebakaran. Selengkapnya bisa dibaca pada link Tindakan Apa Yang Anda Lakukan Pada Saat Latihan Darurat Kebakaran

Berikut tindakan penyelamatan diri saat terjadi darurat kebakaran gedung :
Tindakan pada saat mendengarkan sinyal alarm dalam ruangan.
1! Tetap tenang.  
Ketika Anda mendengar alarm, cobalah untuk tidak panik. Jika anda tetap tenang sepanjang waktu, Anda tidak melewatkan petunjuk yang mungkin. Sebaiknya anda mempersiapkan diri dengan mempelajari prosedur dan rute evakuasi darurat yang tepat.
2! Hentikan tindakan apapun. 
Saat alarm berbunyi, hentikan apapun yang Anda lakukan. Biarkan semuanya, dan segera pergi keluar ruangan.
3! Tinggalkan ruangan segera dan pergi ke pintu keluar ruangan. 
Tinggalkan ruangan dengan teratur. Berdiri antri di depan pintu.
4! Tutup pintu ruangan. 
Jika Anda yang terakhir pergi, tutup pintu di belakang Anda. Pastikan jangan terkunci. Pintu yang tertutup akan memperlambat api yang menjalar, dan menghalangi akses oksigen masuk ke ruangan. Selain itu, dapat mencegah asap dan panas menjalar masuk dengan cepat ke ruangan lain.
5! Jika memungkinkan bawa kunci ruangan. 
Jika pintu keluar terhalangi oleh kebakaran dan asap, anda bisa kembali ke ruangan. Selengkapnya anda bisa melihat link berikut Tindakan Penyelamatan Diri Apabila Anda Terperangkap Dalam Kebakaran.
6! Biarkan lampu menyala. 
Jangan mematikan lampu saat meninggalkan ruangan. Biarkan lampu menyala agar lebih mudah bagi petugas pemadam kebakaran.
Gedung kebakaran
pic politicalpromise.wordpress.com
Tindakan saat menyelamatkan diri dalam gedung.
7! Segera berjalan ke pintu keluar gedung. 
Jangan mengikuti orang lain tanpa berpikir. Carilah semua pintu keluar yang ada, ditunjukkan dengan tanda lampu Exit/Keluar, dan pilih pintu yang paling mudah diakses dan yang terdekat. Dengan menggunakan semua pintu darurat yang ada, bahaya kerusuhan dan panik sangat berkurang. Ikuti rute yang ditunjukkan dalam rute evakuasi gedung.
8! Cek apakah pintu panas. 
Jika kebakaran nyata, periksa pintu apakah terasa panas. Periksa apakah asap datang dari bawah pintu, dan letakkan tangan Anda di pintu untuk melihat apakah panas berasal darinya. Jika Anda tidak menemukan tanda-tanda ini, cobalah menyentuh gagang pintu dengan perlahan untuk memastikan tidak ada panas. Jika Anda menemukan tanda-tanda ini, pilih pintu keluar lain.
9! Gunakan tangga. 
Dalam keadaan apapun jangan menggunakan lift selama evakuasi. Saat kebakaran terjadi, berada di lift berpotensi bahaya. Lift akan digunakan oleh petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Tangga di gedung biasanya kedap udara, ruangan di tangga biasanya tidak akan berasap seperti tempat lain.
10! Perhatikan jalannya asap. 
Jika Anda melihat gejala asap, carilah jalan keluar alternatif. Jika pintu ini satu-satunya jalan keluar, turunlah ke lantai berikutnya. Turun ke bawah untuk melihat lebih baik pergerakan asap. Jika Anda harus meloloskan diri melalui asap, merangkak rendah di bawah asap. Tutup tangan dan berlutut sampai anda menuju pintu keluar. Bila anda tidak menemui pintu keluar atau buntu silakan pelajari di link berikut Tindakan Penyelamatan Diri Apabila Anda Terperangkap Dalam Kebakaran.

Tindakan pada saat telah keluar ruangan.
11! Pergi dari trotoar gedung. 
Sediakan jalan di trotoar agar petugas pemadam kebakaran bisa melakukan pekerjaannya. Jika kerumunan terbentuk di trotoar, petugas pemadam kebakaran tidak akan bisa lewat. Ikuti petunjuk dari orang yang berwenang. Anda harus tetap bersama dengan rekan lain dan tetap tenang.
12! Ambil langkah mundur ke jarak yang aman. 
Jika kebakaran belum bisa diatasi, bisa mengakibatkan kerusakan seluruh gedung. Anda harus menjaga jarak aman dari gedung. Setidaknya pergi ke seberang jalan.
13! Tunggu sampai akhir. 
Jangan kembali ke gedung hanya karena alarm kebakaran telah mereda. Tunggu sampai petugas pemadam kebakaran atau orang lain memberitahu Anda bahwa situasi telah aman terkendali.

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer