Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Thursday, January 7, 2016

Persiapan Menghadapi Emergency Atau Darurat Bencana

Bencana adalah fakta kehidupan. Kita hidup di zaman berbahaya dan risiko yang ditimbulkan oleh bencana yang terjadi adalah nyata. Anda harus bertahan hidup dalam tantangan ini.
Tidak hanya diri sendiri yang harus dipersiapkan untuk dilindungi. Anda juga harus mempersiapkan diri untuk melindungi keluarga, rumah, bisnis dan komunitas.
Pada saat kejadian, semua orang akan di bawah pengaruh bencana, termasuk juga layanan darurat bencana yang diandalkan untuk membantu anda. Hal ini berarti anda mungkin harus berjuang untuk diri sendiri sementara orang-orang yang mengalami keadaan emergency atau darurat akan ditangani pertama sekali karena kasusnya lebih mendesak.


perempuan berlari dari bencana
Ketika keadaan darurat, kerusakan infrastruktur yang terjadi seperti pada jaringan listrik, pasokan air, jalan, jembatan dan layanan kereta api dapat menyebabkan hambatan atau pemogokan. Kejadian ini bisa memakan waktu yang lama untuk perbaikan. Pada saat tidak ada atau kurangnya infrastruktur yang tersedia merupakan saat paling rentan bagi Anda dan keluarga.
! Anda harus siap untuk bertahan hidup tanpa bantuan dari luar selama tiga sampai tujuh hari, bisa saja lebih. Layanan biasa yang dapat anda andalkan seperti listrik, air dan sanitasi dapat aktif kembali dipulihkan dalam beberapa hari dan setelahnya akses terhadap layanan publik tersebut akan terbatas.

! Anda perlu mendokumentasikan bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup diri sendiri dan keluarga. Bagaimana Anda tetap berkomunikasi ketika tidak ada sistem komunikasi yang tersambung. Ke mana Anda berkoordinasi agar dapat berkumpul kembali dengan anggota keluarga yang dicintai. Anda perlu untuk membangun strategi darurat bencana yang bermanfaat untuk jangka lama.
Lakukan sekarang. Jangan tunggu sampai terlambat. Bila terjadi jangan mengatakan dalam diri sendiri, saya berharap saya telah membuat beberapa perlengkapan darurat sehingga saya memiliki sedikit kenyamanan.


'Jadi siapkan sekarang. Tidak ada waktu seperti sekarang.'

Silakan mengikuti link berikut untuk mengetahui 'Rencana Darurat Bencana'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer