Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Thursday, January 7, 2016

Rencana Darurat Bencana

Rencana darurat keluarga adalah salah satu rencana yang akan membantu Anda dan keluarga untuk merencanakan apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.
  1. Mulailah dengan memastikan Anda memiliki nomor telepon semua layanan darurat yang penting dalam daftar kontak pada setiap masing-masing ponsel di rumah Anda. Cari di buku telepon atau internet untuk mencari nomor kontak emergency atau darurat yang penting. Biasanya ada bagian khusus dalam buku telepon yang mencakup penyedia penanganan bencana, layanan darurat serta rincian kontak mereka. Masukan nomor layanan darurat ke ponsel Anda. Anda tidak pernah tahu kapan nomor tersebut mungkin berguna.
  2. Siapkan perlengkapan perlindungan darurat (lihat artikel terpisah).
  3. Atur rencana melarikan diri untuk keluarga Anda. Dokumen rencana darurat bencana disimpan di tempat semua anggota keluarga mengetahuinya dan gampang diperoleh.
  4. Nomor kontak dari 2 orang teman atau keluarga sehingga anggota keluarga lain dapat melakukan kontak dengan nomor tersebut bila terpisahkan dan putus komunikasi dengan sesama anggota keluarga lain. 
  5. Tulis isi rencana darurat keluarga, perlengkapan pertolongan pertama dan perlengkapan perlindungan darurat.
  6. Buat catatan di mana perlengkapan disimpan dan siapa yang bertanggung jawab untuk menjaga agar barang-barang tetap up-to-date (menggantikan barang-barang lama, mengisi air dll).
  7. Sediakan waktu yang dijadwalkan minimal setiap tiga bulan sekali berkumpul dengan keluarga membahas rencana darurat dan periksa persediaan darurat. 
  8. Pastikan rencana darurat tetap up to date.
mobil masuk terowongan yang ditempeli iklan seolah-olah masuk mulut

Untuk ringkasnya, rencana darurat bencana berisi hal-hal sebagai berikut:
! Nomor kontak untuk layanan darurat, dan pihak pemerintah berwenang lainnya yang mungkin perlu dihubungi.
! Nomor kontak dari 2 orang teman atau keluarga sehingga anggota keluarga lain dapat melakukan kontak dengan nomor tersebut bila terpisahkan dan putus komunikasi dengan sesama anggota keluarga lain. Maka Anda dapat berkumpul kembali setelah terpisah pada saat bencana.
! Rencanakan rute evakuasi.
! Rencanakan di mana daerah tujuan pelarian yang aman.
! Checklist prosedur darurat. (siapa membawa apa dan kapan).
! Deskripsikan cara utama mematikan air, gas dan listrik.
! Frekuensi untuk mendengarkan radio portabel.
! Peta wilayah.
! Lokasi perlengkapan pertolongan pertama.
! Lokasi perlengkapan darurat bencana 
! Lokasi sumber air darurat.
! Rincian pengaturan yang harus dibuat bila anda memiliki hewan peliharaan.


'Pastikan setiap anggota keluarga memiliki salinan rencana darurat bencana yang tahan air dan gampang dibawa-bawa. Simpan rencana dalam kantong tahan air yang tertutup.' 

Silakan mengikuti link berikut untuk mengetahui 'Pengamanan Pasokan Air Pada Saat Darurat Bencana Alam'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer