Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Friday, January 8, 2016

Bagaimana Tindakan Penyelamatan Diri Bila Tersesat Di Daerah Terpencil?

Salah satu masalah yang paling umum terjadi orang-orang tersesat pada saat bepergian. Kadang-kadang tersesat di bisa di daerah perkotaan, pedesaan, padang rumput, semak-semak, padang gurun atau pegunungan. Ada beberapa aturan sederhana yang dapat diikuti ketika menuju lingkungan berbahaya yaitu :
Informasikan Pada Seseorang. Beritahu seseorang ke mana Anda akan pergi dan kapan akan kembali. Pastikan bila kembali anda akan mengontak orang yang telah diberitahu ke mana Anda pergi dan beritahu mereka Anda aman. Jika Anda tidak kembali, orang yang Anda telah kabari keberadaan Anda, akan memberitahu layanan darurat jika Anda terlambat kembali. Sehingga memungkinkan layanan darurat untuk mulai mencari Anda.

Persiapan. Selalu siap untuk hal yang terburuk. Jika Anda berjalan di semak-semak, ambil satu set perlengkapan pakaian hangat, obor, peluit, cermin kecil, makanan untuk beberapa hari dan korek api untuk menyalakan api. Memang hal ini terdengar seperti berlebihan, tetapi jika Anda tersesat atau terluka, persiapan yang tepat mungkin akan menyelamatkan hidup Anda.
perempuan di tengah hutan, pohon dengan batang ranting besar
Peta. Pastikan Anda memperoleh peta yang menunjukkan lokasi setempat dan sumber air. Jika memiliki GPS, bawa dengan Anda dan jangan lupa bawa kompas. Ketahui cara membaca peta. Ambil kursus tentang cara mengetahui navigasi lewat bintang-bintang. Anda tidak pernah tahu kapan hal ini mungkin berguna.
Berhenti. Bila Anda menemukan bahwa Anda tersesat, berhenti. Jangan pergi ke mana pun. Jika semakin gelap, usahakan bangun tenda secepatnya. Nyalakan api dengan segera.
Kehangatan dan Tempat Berteduh. Buat api agar tetap hangat dan bangun tenda penginapan untuk menjaga binatang menjauh dari Anda. Usahakan agar selalu kering.
Ruang terbuka. Ketika matahari terbit, temukan ruang terbuka di mana Anda dapat dilihat oleh tim penyelamat. Tidur di sisi sungai biasanya tempat ideal karena tumbuhan yang mendiami tempat tersebut juga lebih sedikit. Pesawat pencari biasanya akan terbang di atas alur sungai selama pencarian awal. Jadi masuk akal untuk berada dekat dengan sisi sungai.
Sinyal. Jika anda memiliki peluit, buat suara yang dapat mengarahkan tim pencari datang ke arah Anda. Anda juga dapat memanfaatkan cermin kecil untuk memantulkan cahaya sinar matahari ke pesawat pencari. Buat sinyal asap dari api. Asap dapat dilihat dari jarak kejauhan.
Pasokan Makanan dan Air. Mungkin anda dapat berada di sana dalam beberapa hari, jadi pastikan Anda menyimpan makanan dan air dengan hemat. Semakin lama pasokan tersedia, semakin lama Anda bertahan.
Gerakan. Jika Anda berada di lingkungan yang panas dan berkeringat banyak, jaga setiap gerakan Anda agar seminimal mungkin. Lakukan kegiatan seminimum mungkin selama siang hari dan bekerja di malam hari ketika sangat dingin. Kondisi ini akan mengurangi jumlah air yang dikonsumsi dan dapat menghemat pasokan air Anda.
Kesabaran. Tim tanggap darurat tidak akan diberitahu sampai Anda dilaporkan hilang. Jadi Anda mungkin harus berkemah sementara sampai saat itu terjadi.
Tinggal Dengan Rombongan. Jangan memisahkan diri bila anda pergi dengan rombongan. Tunggu dengan sabar.

Handphone. Jangan bergantung pada sinyal handphone di tempat tujuan anda akan pergi. Tidak jarang daerah tempat tujuan wisata terkenal di dan favorit bagi wisatawan tidak memiliki cakupan jaringan sinyal handphone.
Jalur Trek. Jika Anda masuk ke semak-semak, ikuti jalur trek yang telah ditandai. Jangan berjalan dekat dengan tebing. Sadari potensi bahaya dari satwa liar baik buaya, ular, beruang, macan, dll.

Kendaraan. Jika Anda berada dalam mobil dan kondisi mobil rusak, tinggal dalam kendaraan tersebut. Tim pencari orang hilang akan lebih mudah melihat mobil dari jauh. Mobil juga menawarkan untuk tempat tinggal sementara. Terdapat banyak kasus tim pencari menemukan kendaraan tanpa penghuni.



'Mintalah petunjuk dari seseorang yang memiliki pengetahuan tentang daerah tujuan Anda untuk memastikan risiko apa yang mungkin dapat terjadi sebelum Anda berangkat.'
Silakan mengikuti link berikut untuk mengetahui 'Persiapan Sebelum Evakuasi Bencana'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer