Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Tuesday, January 5, 2016

Apa Tindakan Yang Harus Anda Persiapkan Menghadapi Badai Salju?

Para ahli lingkungan hidup memperkirakan pemanasan global saat ini mengakibatkan terjadinya peristiwa cuaca ekstrim lebih sering dan lebih parah. Hal ini berarti lebih banyak hujan, salju, banjir, atau badai.

Memang di Indonesia tidak terdapat badai salju, tapi persiapan apa yang anda lakukan bila mengalami badai dapat memperkaya pengetahuan anda sendiri dalam menghadapi situasi apa pun.
Biasanya badai salju datang dalam berbagai bentuk, dari badai guntur sederhana dengan hujan lebat sampai badai es dengan kondisi dingin.
Di negara luar, rata-rata penduduk mengandalkan teknologi prediksi cuaca yang memiliki keakuratan tinggi. Hal ini sangat penting dalam menghadapi cuaca ekstrim. Teknologi ini dapat membuat kita memiliki waktu untuk merencanakan dan mempersiapkan keadaan menghadapi kedatangan badai salju.
Berikut ialah cara merencanakan dan mempersiapkan kedatangan badai salju :
tangkai bunga dilapisi salju
  • Amankan setiap barang-barang yang mudah dibawa angin di luar rumah seperti sampah kaleng, kertas, furnitur, dll. Angin dapat mengambil barang-barang tersebut dan mengubahnya menjadi proyektil berbahaya.
  • Tebang pohon mati dan buang cabang pohon mati untuk mengurangi kemungkinan batang pohon tersebut berubah menjadi proyektil terbang. Coba bayangkan, pada saat badai salju dan anda berada di dalam rumah, tiba-tiba ada batang pohon meluncur akibat di bawa arus angin, memukul-mukul bagian rumah anda.
  • Akan sangat menjengkelkan memiliki pohon mati di kebun yang tiba-tiba datang meluncur melalui jendela depan Anda pada saat badai buruk menghampiri.
  • Tutup semua jendela, bagian luar jendela, dan pinggir bingkai jendela. Selain mencegah dingin, juga mencegah pecahnya kaca. Tutupi jendela dengan tirai tebal sehingga dapat melindungi penghuni rumah apabila ada kaca pecah akibat badai salju.
  • Pastikan Anda memiliki cukup bahan bakar untuk memasak, energi untuk penerangan, tempat tidur, dan air.
  • Periksa persiapan kotak pertolongan pertama, resep, lilin, makanan apakah sudah cukup untuk beberapa hari jika Anda terputus dari dunia luar.

Silakan baca artikel terkait 'Apa Yang Harus Anda Lakukan Pada Saat Badai Salju?

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer