Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Thursday, January 7, 2016

Tindakan Apa Yang Dilakukan Setelah Gempa Bumi Terjadi?

Ada kemungkinan akan terjadi gempa susulan. Gempa susulan bisa menjadi lebih besar atau hanya bergetar pelan. Waspadalah akan bahaya apapun yang mungkin dapat terjadi. Lakukan hal-hal berikut setelah terjadi gempa :
! Lakukan rencana darurat bencana.
! Periksa dan cari tahu apakah semua anggota keluarga aman dan lengkap.

! Jika menyala, dengarkan radio atau TV untuk informasi dan saran emergency bencana.
radio untuk informasi dan saran emergency bencana.
! Jika Anda berada di suatu bangunan yang rusak, hati-hati pada saat keluar. Hati-hati membuka pintu, bisa terjadi keruntuhan puing-puing atau furnitur karena longgar. Perlu diketahui pada umumnya bukan gempa yang biasanya dapat membunuh Anda, tetapi benda-benda yang jatuh menimpa anda, menyetrum Anda, atau membakar Anda. Ingat agar sangat berhati-hati bila di sekitar anda terdapat bangunan.

! Jangan pergi berjalan-jalan. Mungkin anda bosan dan tergoda untuk berjalan-jalan yang tentu saja hal ini merupakan ide buruk. Jalan dan pasokan listrik mungkin saja rusak. Tinggallah di mana Anda dalam keadaan aman.
! Jangan memasuki bangunan yang belum dianggap aman oleh ahlinya.
Jauhi kabel listrik dan kabel utilitas yang jatuh. Kabel tersebut masih bisa tetap menyala dan mematikan.

! Amankan sumber air. Bisa jadi memakan waktu beberapa hari sebelum Anda mendapatkan akses kembali ke air minum yang segar.
! Periksa apakah ada kebocoran gas, apabila anda ingin menyalakan korek api, korek api gas atau api.
! Cobalah untuk tidak menggunakan telepon jika Anda dapat menghindarinya kecuali untuk keadaan darurat medis. Perlu diketahui pada saat bencana jumlah saluran telepon yang ada sangat terbatas dan fasilitas ini lebih baik digunakan oleh orang-orang yang benar-benar perlu menghubungi darurat medis. Jika Anda membutuhkan bantuan darurat segera dan telepon tidak bekerja, kirim seseorang untuk mencari bantuan.
! Jika Anda perlu berkomunikasi ke teman-teman usahakan mengirim pesan whatsapp, teks atau SMS. Saluran telepon keadaan darurat menggunakan jaringan telepon yang dipakai bersama-sama untuk menerima sejumlah besar pesan telepon pada waktu yang bersamaan. Pesan teks merupakan salah satu bagian layanan telepon yang sering digunakan pada saat bencana karena permintaan yang sangat tinggi dari orang-orang yang mencoba menelepon.

! Jangan berharap tim layanan darurat datang membantu Anda. Dalam bencana besar tim tersebut akan menyebar. Oleh karena terbatasnya sumber daya menyebabkan tim tersebut harus dapat mengalokasikan waktu mereka sebaik mungkin. Apabila anda dalam kondisi yang aman, tim tersebut tidak akan membantu karena mereka membuat prioritas bagi yang lebih membutuhkan.
! Apabila anda yakin sudah aman, ambil foto-foto kerusakan yang anda jumpai untuk tujuan asuransi. Tapi ingat, jangan menempatkan diri atau orang lain pada risiko ketika mengambil foto-foto tersebut. Ingat jika Anda menempatkan diri pada risiko, Anda juga menempatkan setiap pekerja penyelamat mengalami resiko untuk menyelamatkan Anda dalam kegiatan yang anda sendiri penyebabnya.

Silakan baca artikel terkait 'Yang Dilakukan Bila Terjebak Puing Reruntuhan Akibat Gempa'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer