Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Monday, December 28, 2015

Apa Persiapan Yang Dilakukan Sebelum Bencana Badai?

Badai yang disebabkan oleh angin kencang bisa membawa salju, hujan lebat, banjir, air laut, gelombang badai, petir dan badai salju. Badai dapat merusak transportasi, komunikasi dan berdampak pada tanaman serta ternak. Badai kadang-kadang dapat memutuskan saluran transportasi, pengiriman makanan, layanan listrik, telekomunikasi dan air. 
jalan yang diliputi awan gelap hitam

Jadi unsur kunci yang harus diperhatikan dalam badai adalah tempat tinggal, pemanasan, pakaian yang memadai dan kebutuhan makanan, air dan pembangkit listrik. 
Bersiap-siap sebelum serangan badai akan membantu mengurangi kerusakan pada rumah dan bisnis. Persiapan yang tepat dapat membantu Anda bertahan, lakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Mengembangkan Rencana Rumah Tangga Darurat dan mempersiapkan perlengkapan Darurat bencana sehingga Anda dapat bertahan selama tiga hari atau lebih 
  2. Periksa keamanan atap dan talang air minimal setiap dua tahun sekali 
  3. Dekatkan benda-benda seperti terpal, papan dan lakban, untuk memperbaiki kerusakan pada jendela, dan lain-lain. 
  4. Jika Anda merenovasi atau membangun, pastikan semua pekerjaan sesuai dengan standar khusus untuk meminimalkan kerusakan badai. Contoh standar kode bangunan Selandia Baru yang memiliki standar untuk mengurangi kerusakan bencana badai 

Hal-hal berikut perlu anda lakukan ketika peringatan badai diumumkan : 
  1. Masukkan kotak sampah ke dalam rumah yang mungkin bisa melayang-layang di udara 
  2. Bawa sampah masuk ke dalam ruangan 
  3. Pastikan Anda mendengarkan untuk siaran radio dan televisi lokal untuk informasi darurat bencana badai. Ikuti saran mereka. 
  4. Jangan meninggalkan rumah kecuali Anda disarankan. Jika Anda perlu melakukan perjalanan pastikan Anda membawa persyaratan yang memadai apabila Anda terjebak di jalan. 
  5. Periksa pasokan bahan bakar, isi sampai penuh 
  6. Masukkan hewan peliharaan ke dalam ruangan dan pindahkan ternak ke manapun yang dapat menjadi tempat berlindung.
Silakan baca artikel terkait 'Apa Yang Perlu Dilakukan Dalam Menghadapi Bencana Badai?'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer