Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Saturday, November 18, 2017

Persiapan Tindakan Penyelamatan Diri Sebelum Terjadi Darurat Kebakaran Rumah

Kebakaran merupakan musibah yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Tindakan persiapan menghadapi kebakaran dapat membantu anda menghadapi musibah tidak terduga. Jika terjadi kebakaran, ingatlah bahwa setiap hitungan detik berharga, maka Anda dan keluarga harus selalu siap. 
Rencana pelarian membantu Anda keluar dari rumah dengan cepat. Berikut persiapan tindakan penyelamatan diri sebelum terjadi darurat kebakaran rumah :

1! Pelajari rute evakuasi kebakaran yang ada dan siapkan rute evakuasi bila belum ada.
2! Temukan dua cara untuk keluar dari setiap ruangan. Bisa juga cari dua pintu darurat terdekat dan hitung jumlah pintu antara ruangan Anda dan pintu keluar. Di dalam asap kebakaran, lorong mungkin menjadi gelap dan mungkin sulit untuk melihat jalan keluarnya.
3! Sebagai rute alternatif bisa lewat dari atap rumah menuju atap rumah tetangga atau tangga lipat untuk jalan keluar dari lantai atas atau turun dari jendela.
4! Pastikan jendela bisa terbuka lancar, tidak nyangkut, terbuka cepat. Kunci jendela tidak macet atau rusak.
Tanda Pintu Darurat Kebakaran, Jangan Diblokir
Pintu Darurat Kebakaran, Jangan Diblokir

5! Latih intuisi jalan keluar bila situasi di dalam rumah gelap atau dengan mata tertutup. 
6! Ajari anak-anak jangan bersembunyi dari petugas pemadam kebakaran.
7! Buat salinan digital dari dokumen dan catatan berharga seperti akte kelahiran. 

8! Tidur dengan pintu tertutup.
9! Hubungi pemadam kebakaran setempat untuk mendapatkan informasi tentang pelatihan penggunaan dan perawatan alat pemadam kebakaran yang tepat, jika memungkinkan.
10! Pertimbangkan untuk memasang sistem semburan pemadam api otomatis di rumah.
11! Jangan merusak, menonaktifkan, atau memblokir alarm kebakaran atau detektor asap. 
12! Lilin, dupa, dan semua perangkat yang bisa memicu api lainnya harus disimpan dengan aman di tempatnya.
Dua kali setiap tahun, praktekkan rencana evakuasi kebakaran rumah. Periksa kembali dan perbaharui sesuai kondisi terkini untuk setiap rencana dan rute evakuasi kebakaran rumah yang telah anda buat.

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer