Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Tuesday, January 12, 2016

Tindakan Penyelamatan Diri Yang Dilakukan Bila Terseret Arus Balik Di Pantai

Di suatu area di daerah pantai terdapat laut tenang yang biasanya tidak terdapat ombak, padahal di sisi lain area tersebut terdapat ombak. Biasanya wisatawan yang bermain di pinggir pantai mengira area tersebut tempat yang menyenangkan untuk berenang karena tidak ada ombak. Akan tetapi waspada akan kejadian ini , karena area laut yang tenang tanpa ombak disebut memiliki arus balik (rip current). Area ini berbahaya karena arus balik tersebut sebenarnya sangat cepat dan sangat berpotensi menyeret perenang dari pinggir laut ke tengah laut. Kecepatan arus balik tersebut sangat cepat bisa sampai 80 km/jam.


ilustrasi penyelamatan dari arus balik di pantai yang berbahaya
Berikut tindakan yang dianjurkan dilakukan bila terseret arus balik tersebut :
1. Usahakan tetap tenang dan jangan panik.
2. Cari dan amati dimana letak daratan.
3. Pertahankan wajah tetap menghadap ke atas agar tetap bisa bernapas.
4. Ikuti arus sambil berusaha terapung, Sangat disarankan untuk tidak berenang melawan arus karena dapat berakhir sia-sia dan kelelahan, yang ujung-ujungnya bisa tenggelam.
Ikuti Teknik Uitemate dari Jepang untuk bertahan hidup, lihat artikel terpisah

5. Jika arus sudah terasa tidak begitu kencang atau mulai tenang, berusahalah keluar dari arus balik. Lakukan dengan berenang keluar dari arus, melintas 90 derajat ke kanan atau ke kiri.
Biarkan ombak membawa perenang kembali mendekati pantai.

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer