Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Sunday, November 19, 2017

Tindakan Penyelamatan Diri Saat Terjadi Darurat Kebakaran Rumah

Jika terjadi kebakaran, ingatlah bahwa setiap hitungan detik berharga, maka anda dan keluarga harus selalu siap. Ikuti langkah-langkah tindakan penyelamatan diri saat terjadi darurat kebakaran rumah :
1) Merangkak rendah di bawah asap ke pintu keluar. Pada awal kebakaran, asap tebal dan gas beracun terkumpul di langit-langit.
2) Sebelum membuka pintu, coba pegang kenop pintu dan pintu. Jika terasa panas, atau jika ada asap yang masuk dari pintu, biarkan pintu tertutup dan gunakan jalan keluar alternatif.


Rumah terbakar dengan asap hitam pekat
Pic Pinterest
3) Jika Anda membuka pintu, buka perlahan. Bersiaplah untuk menutup pintu dengan cepat jika ada asap tebal atau nyala api. 
4) Jika Anda tidak bisa menolong seseorang yang membutuhkan bantuan, tinggalkan rumah dan hubungi nomor darurat pemadam kebakaran 113/1131 atau nomor telepon petugas pemadam kebakaran setempat. Beritahu operator darurat tempat orang tersebut berada.
5) Jika hewan peliharaan terjebak di dalam rumah, segera beri tahu petugas pemadam kebakaran.
6) Jika Anda tidak bisa keluar, tutup pintu dan tutup ventilasi dan retakan di sekitar pintu dengan kain atau isolasi untuk menahan asap. Hubungi nomor darurat pemadam kebakaran 113/1131 atau petugas pemadam kebakaran setempat. Katakan di mana Anda berada dan beri tanda minta tolong di jendela dengan mengkibarkan kain berwarna terang atau menyalakan senter. Selengkapnya pelajari link berikut Tindakan Penyelamatan Diri Apabila Anda Terperangkap Dalam Kebakaran.

7) Jika pakaian Anda terbakar, segera berhenti, jatuh, dan berguling. Berhenti segera, jatuhkan badan ke tanah, dan tutupi wajah dengan tangan Anda. Guling berulang-ulang atau bolak-balik sampai api padam. 
Jika Anda atau orang lain tidak bisa berhenti, jatuh, dan berguling, padamkan api dengan selimut atau handuk. Gunakan air dingin untuk mengobati luka bakar segera selama 3 sampai 5 menit. Tutup dengan lap bersih dan kering. Segera dapatkan bantuan medis dengan menghubungi nomor darurat pemadam kebakaran 113/1131 atau petugas pemadam kebakaran setempat.

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer