Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Saturday, November 18, 2017

Tindakan Penyelamatan Diri Bagi Manula dan Orang Yang Berkebutuhan Khusus Saat Kebakaran Rumah

Tindakan penyelamatan diri perlu direncanakan apabila ada anggota keluarga terdiri dari orang tua atau manula dan orang yang berkebutuhan khusus. Adapun beberapa tindakan berikut bisa menjadi referensi bagi anda yang berkondisi khusus tersebut :
(1) Tinggal di dekat pintu keluar. Anda akan paling aman di lantai dasar jika tinggal di gedung apartemen. Jika Anda tinggal di rumah bertingkat, atur tidur di lantai dasar, dan di dekat pintu keluar.
(2) Jika Anda menggunakan alat bantu jalan atau kursi roda, periksa semua pintu keluar untuk memastikan Anda dapat dengan aman melewati pintu keluar.

Tanda pintu keluar bagi orang yang berkursi roda
(3) Siapkan tempat tinggal untuk keadaan darurat, seperti menyediakan jalan keluar dan melakukan pelebaran pintu, untuk memudahkan pelarian darurat.

(4) Bicaralah kepada anggota keluarga Anda, manajer bangunan, atau tetangga tentang rencana keselamatan kebakaran Anda dan berlatihlah dengan mereka.
(5) Simpan telepon di dekat tempat tidur Anda dan siap untuk menelepon nomor darurat pemadam kebakaran 113/1131 atau nomor darurat setempat jika terjadi kebakaran.

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer