Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Minggu, 06 Maret 2016

Pengertian Pertolongan Pertama

Pertolongan Pertama adalah bantuan atau pengobatan yang diberikan kepada korban untuk setiap cedera atau sakit yang tiba-tiba sebelum bantuan medis profesional dapat disediakan.
Cedera adalah setiap kerusakan yang ditimbulkan pada tubuh sebagai hasil langsung atau tidak langsung dari kekuatan eksternal, dengan atau tanpa gangguan struktur yang terjadi terus-menerus. 

Cedera tanpa disengaja adalah penyebab utama kematian yang kelima di Amerika Serikat. 
Beberapa menit pertama setelah cedera atau sakit mendadak sangat penting. Keterlambatan pengobatan dapat membahayakan kehidupan manusia. 
peralatan penyelamatan terjebak puing reruntuhan gempa bumi
Pertolongan pertama mungkin melibatkan improvisasi dengan fasilitas dan bahan yang tersedia pada saat itu. Pertolongan pertama tidak melakukan perawatan medis, dan tidak dapat dibandingkan dengan apa yang dokter lakukan. Orang yang memiliki keterampilan pertolongan pertama benar-benar dibutuhkan untuk mengurangi kerusakan permanen atau kematian korban.
Hal ini akan melibatkan keputusan akal sehat yang berguna untuk membantu orang yang terluka sampai bantuan medis tiba.

Pertolongan pertama meliputi:

  • Kata-kata penyemangat untuk korban.
  • Bukti kesediaan untuk membantu.
  • Dorongan kepercayaan oleh kemampuan kompetensi.
Protokol pertolongan pertama
· Minta izin jika korban sadar.
· Bertindak di awal sesuai lingkup Pelatihan Pertolongan Pertama.
· Lanjutkan sampai seseorang yang lebih mampu mengambil alih, kecuali anda berada pada kondisi yang berisiko atau kelelahan.
Silakan mengikuti link berikut untuk mengetahui 'Apakah Tujuan Pertolongan Pertama?'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer