Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Thursday, January 7, 2016

Tindakan Penyelamatan Diri Yang Dilakukan Pada Saat Terjadi Gempa Bila Di Dalam Ruangan

Tidak seperti badai atau banjir, prediksi gempa bumi tidak pernah bisa diketahui secara akurat. Gempa biasanya datang tanpa peringatan dan diikuti oleh gempa susulan dari sumber yang sama. Jika Anda menemukan diri di tengah-tengah gempa bumi, lakukan cara berikut agar terlindung dari bahaya gempa :
(1) Berlindung di bawah meja atau bagian lain furnitur yang kokoh dan bertahan sampai berhenti gemetar. Jika tidak ada meja atau bagian bawah furnitur di dekat Anda, tutupi wajah dan kepala dengan lengan dan menepi di sudut dalam bangunan.

Lakukan 3 langkah berikut :
a! Jatuhkan Diri (Drop)
Saat terjadi guncangan gempa jangan panik dan jangan berlari. Segera berlutut atau dekatkan diri ke tanah.
b!  Lindungi (Cover)
Lindungi kepala, jika Anda dekat meja atau benda lain, merangkaklah masuk ke dalamnya agar terlindung dari benda-benda yang berjatuhan.
c! Tunggu (Hold on)
Menunggu hingga guncangan berhenti, jika berlindung di bawah meja, peganglah kaki meja agar tidak mudah bergeser.
Latihan Gempa di Sekolah, Jepang
(2) Jauhi kaca, jendela, pintu luar dan dinding, dan apa pun yang bisa jatuh, seperti lampu, furnitur atau apapun yang menggantung.

(3) Jika anda berada di kamar tidur, tinggal di tempat tidur ketika gempa bumi terjadi. Tunggu sampai gempa reda dan lindungi kepala dengan bantal. Lihat kamar tidur anda apakah memiliki lampu atau furnitur yang digantung. Jika ya, cari tempat aman lain.
(4) Gunakan pintu untuk berlindung jika memang dekat dengan Anda dan jika Anda tahu pintu tersebut kokoh serta tidak mungkin jatuh menimpa anda.
orang bersembunyi dibawah meja, Latihan Gempa di Kantor, Jepang
Latihan Gempa di Kantor, Jepang
(5) Tinggal di dalam ruangan sampai getaran gempa berhenti dan sudah aman untuk pergi ke luar ruangan. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa kebanyakan cedera pada saat gempa terjadi ketika orang-orang di dalam gedung berusaha untuk pindah ke lokasi yang berbeda di dalam gedung atau mencoba untuk meninggalkan gedung.
Perlu diingat, listrik dapat menjalar keluar karena kerusakan jaringan dan sistem sprinkler atau alarm kebakaran kemungkinan dapat menyala!!!
(6) Jangan menggunakan lift tapi gunakan tangga untuk turun ke bawah.
Bagaimana bila anda berada di luar ruangan ketika terjadi gempa? Apa yang harus anda lakukan? Silakan ikuti artikelnya disini

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer