Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Tuesday, January 5, 2016

Tsunami, TIndakan Apa Yang Anda Lakukan Sesudah Bencana?



perempuan terbenam dalam air di ruangan rumah memakai baju daster
Pastikan Anda mendengarkan tim tanggap darurat melalui radio atau TV.
Jangan pergi jalan-jalan karena ada mungkin gelombang berikutnya masih akan datang.
Jangan pergi ke daerah pantai sampai Anda telah diberitahu oleh layanan darurat telah aman.
Contoh kejadian Tsunami
Selama Tsunami di Jepang 13 Maret 2011, layanan radio, internet, listrik dan telepon terganggu. Terdapat kebocoran radiasi dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan orang-orang di daerah tersebut tidak menyadari bahaya selama beberapa hari karena mereka terisolasi dari media luar. Pada saat itu, orang-orang yang telah menyimpan botol air minum diuntungkan karena belum terkena radiasi.
Jepang memiliki jaringan pertahanan sipil canggih sehingga peringatan canggih diberikan. Tapi karena dekat dari sumber Tsunami, orang-orang di pantai hanya memiliki beberapa menit untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Gelombang air yang datang menyebabkan rumah, peternakan, kapal, pembangkit listrik, mobil, bahkan segala sesuatu di jalan menjadi hancur.
Kerusakan yang disebabkan oleh tsunami sangat mengerikan di Jepang dan orang-orang terpaksa hidup dalam kondisi dekat dengan titik beku setelah hari kehancuran.
Silakan baca artikel terkait 'Apakah Tsunami Dan Contoh Tsunami?'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer