Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Tuesday, January 5, 2016

Apakah Gempa Bumi?

Ada ribuan gempa bumi setiap tahun di seluruh dunia. Kebanyakan dari gempa berpusat di bawah tanah dan tidak mempengaruhi manusia di permukaan bumi. Namun, gempa bumi yang terjadi di permukaan bumi memiliki tingkat getaran yang hebat sehingga dapat menyebabkan kerusakan bangunan dan struktur alam. Gempa bumi tersebut berbahaya dan perlu diwaspadai.


Tsunami akibat gempa melanda Aceh dan Thailand

Pengembangan ilmu pengetahuan belum sampai pada bagaimana untuk memprediksi kapan waktu gempa akan terjadi. Tetapi, pengetahuan yang berkembang sudah dapat memprediksi di mana gempa akan terjadi. Masalah utama yang akan dihadapi pada saat terjadi gempa ialah sebagai berikut:
kereta listrik keluar dari jalur rel kereta


- Runtuhnya struktur seperti gedung, jembatan, jalan, bukit, menara.
- Puing yang berjatuhan.
- Tidak berjalannya layanan seperti listrik, air limbah dan gas.
- Gangguan terhadap makanan dan pasokan air.
- Gangguan layanan komunikasi seperti telepon, ponsel, televisi, radio.
Sehingga manusia harus waspada terhadap gempa bumi yang bisa menyerang setiap saat.

Silakan baca artikel terkait 'Apakah Persiapan Menghadapi Gempa Bumi'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer