Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Selasa, 05 Januari 2016

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Yang Dilakukan Ketika Banjir Datang?

Berikut tindakan yang anda lakukan ketika banjir datang :
! Tinggal di dalam rumah jika Anda bisa. Jauhi daerah banjir dan dengarkan siaran darurat di radio dan televisi, ikuti media sosial seperti twitter.

! Jika Anda perlu menyeberangi daerah banjir, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:
  • Apakah banjir dalam?
  • Apakah air mengalir dengan cepat?
  • Apakah air naik dengan cepat?
  • Apakah Anda memiliki rute pelarian yang aman?
  • Apakah air mengandung puing reruntuhan atau kerusakan?
  • Apakah aman untuk menyeberang?
! Anda perlu menilai risiko keamanan sebelum Anda mencoba untuk masuk atau melintasi area banjir. Anda harus menimbang-nimbang potensi menabrak suatu lubang karena mobil  dapat tenggelam ke dalam air. 
! Perhatikan juga apakah terdapat puing-puing dalam air yang memiliki potensi bahaya. 
! Jika air mengalir dengan cepat, apakah ada kemungkinan anda akan hanyut, atau kendaraan juga dapat hanyut? Bahkan air yang bergerak perlahan-lahan dapat menghanyutkan kendaraan bila memiliki volume banjir yang besar.



Kabar baiknya saat ini teknologi untuk memprediksi cuaca sudah lebih canggih. Biasanya peringatan cuaca yang dikeluarkan oleh kantor cuaca setempat dapat mengantisipasi banjir yang akan datang.


Daerah yang rawan banjir biasanya memiliki rencana layanan darurat yang baik, yang dapat diberlakukan pada saat banjir.
! Pindah ke tanah yang lebih tinggi jika memungkinkan. Tempatkan barang-barang berharga di tempat yang lebih tinggi dan jauh dari lantai. Jika air masuk ke rumah, amankan barang-barang rumah tangga yang penting.

Silakan baca artikel terkait 'Tindakan Apa Yang Dilakukan Setelah Banjir?'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer