Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Wednesday, December 23, 2015

Tindakan Penyelamatan Diri Yang Dilakukan Pada Saat Terjadi Gempa Bila Di Luar Ruangan

Tindakan berikut sebaiknya anda lakukan ketika anda sedang berada di luar ruangan :

! Jauhi bangunan, lampu jalan, dan kabel listrik,telepon dan benda-benda lain yang memiliki potensi bahaya gempa.
! Datangi tempat terbuka, tinggallah di sana sampai getaran gempa berhenti. 
! Bahaya terbesar ada pada bangunan langsung di luar, di pintu keluar, dan eksterior di samping dinding. Ketika dinding bangunan tersebut runtuh dapat menjadi puing jatuh yang menimpa siapapun yang lewat.
anak sd berlari keluar ruangan, simulasi latihan gempa
Latihan Gempa SD di Jepang
Banyak korban jiwa akibat gempa yang terjadi ketika orang berlari di luar bangunan hanya untuk dibunuh oleh puing yang jatuh dari dinding runtuh. Getaran tanah selama gempa sebenarnya jarang menjadi penyebab langsung kematian atau cedera, kecuali apabila tanah retak sangat dalam. Kebanyakan korban gempa karena tertimpa puing akibat dari dinding runtuh, serpihan kaca yang bertebaran dan benda jatuh dari atas.

Perlu diketahui beberapa kali getaran gempa bumi sebenarnya merupakan awal pendahuluan dan gempa yang lebih besar mungkin terjadi.

Bagaimana bila anda sedang mengemudi terjadi gempa? Apa yang harus anda lakukan? Silakan ikuti artikelnya disini

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer