Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Monday, December 28, 2015

Apa Persiapan Yang Perlu Dilakukan Sebelum Bencana Alam Datang?

Berikut persiapan yang perlu dilakukan sebelum bencana alam datang : 

1) Pastikan Anda telah menyiapkan perlengkapan pertahanan bencana. Cakupannya yaitu:


  • Rencana darurat rumah tangga. Rencana darurat rumah tangga akan berisi informasi menguraikan apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana.
  • Checklist darurat rumah tangga. Checklist darurat rumah tangga akan berisi daftar barang-barang penting yang Anda pastikan miliki tersedia dalam keadaan darurat. Checklist yang dibuat sebelum bencana memberi Anda kesempatan menentukan hal-hal yang perlu diprioritaskan dan tidak diprioritaskan selama bencana. Daftar ini berisi barang-barang seperti makanan pokok (kaleng dan dehidrasi), pakaian, obat-obatan yang bisa didapatkan dari apotek pada kondisi biasa, air, baterai, radio, senter, peralatan memasak, tangki penyimpanan air, bahan bakar.  
  • Perlengkapan perlindungan darurat (gateway). Perlengkapan gateway berisi obat-obatan esensial dan barang-barang yang Anda butuhkan jika Anda harus dievakuasi dari suatu daerah. Kata kuncinya ialah 'penting'. Anda harus membawa barang-barang yang benar-benar penting sehingga perjalanan evakuasi ringan. 
  • Perlengkapan medis.Persiapan medis berupa perlengkapan medis yang lengkap untuk mengurangi dampak bencana alam pada Anda dan keluarga yang memungkinkan Anda agar cepat sembuh setelah terjadinya bencana. 
  • Barang-barang medis yang penting.
bangunan di kota hancur bencana alam
2) Tahu tindakan apa yang harus Anda ambil apabila emergency/bencana ketika diumumkan. Pastikan keluarga Anda mengetahui jelas yang mana rencana darurat / checklist / pertolongan pertama rumah tangga dan dimana barang-barang tersebut disimpan. Buat semua anggota keluarga memiliki akses yang sama pada barang-barang tersebut.
3) Tahu peringatan suara / sistem layanan darurat dan tahu di mana untuk mendapatkan pengumuman mengenai dampak bencana. 
4) Tahu bagaimana menghubungi tim penanganan emergency bencana alam terdekat. Hal ini sering dikoordinasikan oleh Pemerintah Daerah. Pastikan nomor kontak bencana darurat sudah masuk dalam daftar telepon dan informasi kontak bencana darurat dalam rencana darurat rumah tangga Anda. 

5) Pastikan semua anggota keluarga Anda dilatih dalam pertolongan pertama. Pertolongan pertama yang diajarkan secara lokal di daerah Anda. Temukan seseorang untuk mengajarkan Anda dan keluarga Anda serta ingat agar tetap up-to-date dengan kursus penyegaran. Hal ini bisa menyelamatkan hidup Anda. 
6) Pastikan rumah tahan gempa
7) Periksa apakah asuransi Anda telah memadai untuk mengganti dampak kerusakan akibat bencana. 
8) Beritahukan tetangga Anda. Pastikan mereka siap. Keselamatan mereka bisa menjadi keselamatan Anda. 
9) Jangan hanya berhenti di sini. Juga pastikan Anda menyadari rencana dan prosedur emergency bencana alam di tempat kerja. Pastikan mereka memiliki satu. Jika tidak ada, usulkan agar dibuat. Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda di kantor, jadi pikirkan bagaimana bisa bertahan untuk diri sendiri.

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer