Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Tuesday, December 29, 2015

Apa Tindakan Yang Perlu Dipersiapkan Mengantisipasi Tanah Longsor?

Tanah longsor merupakan sedikit bagian bukit / gunung runtuh, bisa berupa beberapa batuan yang meluncur di sisi gunung sampai menghilang.

Longsor bawah laut yang besar merupakan salah satu alasan kita harus mengantisipasi Tsunami.
Longsor tersebut bisa sangat besar. Jika longsor berupa salju disebut Avalanche, maka hal tersebut cukup serius. 

Avalanche, Perancis
Daerah evakuasi dilakukan beberapa meter hingga puluhan kilometer tergantung pada seberapa berbahayanya tanah longsor. 

Hal-hal berikut perlu anda perhatikan dan persiapan menghadapi tanah longsor : 
  1. Pada umumnya memang tidak diizinkan untuk membangun di jalur longsoran atau di bawah bukit dan pegunungan yang tidak stabil. Namun, kadang-kadang terjadi pembangunan dan area gunung menjadi tidak stabil. 
  2. Jika Anda melihat air keluar dari sisi gunung yang hal ini tidak biasanya terjadi, jauhi dari gunung secepat mungkin dan beritahu pihak berwenang apa yang telah diamati. 
  3. Setelah hujan lebat Anda akan cukup sering menemukan jalan tertutup karena puing-puing akibat tanah longsor. Airpun cukup sering dapat meluas ke jalan dan jembatan yang rusak. 
  4. Jika Anda menemukan tanah longsor, hubungi layanan darurat lokal. Jauhi diri dan informasikan setiap tetangga yang mungkin terpengaruh oleh reruntuhan. 
  5. Jika Anda tinggal di daerah yang rawan longsor atau longsoran, hubungi pihak berwenang dan cari tahu di mana longsor mungkin terjadi dan apa tindakan pencegahan yang harus diambil. Pihak tersebut biasanya memiliki rencana untuk menangani peristiwa darurat bencana tanah longsor. Anda harus membuat diri terbiasa dengan prosedur darurat bencana tanah longsor. 
  6. Periksa dengan baik dan teliti rumah Anda sendiri. Periksa tanda-tanda gerakan di bawah tanah seperti pintu yang menempel, jendela yang tidak menutup dengan benar dan ruangan pinggir pintu atau bingkai jendela yang tidak menutup rapat. Carilah retak yang terbuka di tanah atau pohon, jika anda menemukan, hal ini merupakan petunjuk bahwa sesuatu yang tak diinginkan terjadi di bawah tanah. Jika Anda menduga dan menemukan gerakan tanah, hubungi pihak berwenang untuk meminta saran.
Silakan baca artikel terkait 'Apa Yang Harus Dilakukan Pada Saat Bencana Tanah Longsor?'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer